ARTI SIMBOL PADA MOBIL

Tahukah anda tentang simbol yang ada pada kendaraan atau mobil anda? Tiap merk dan lambang pada mobil punya kisah dan arti tertentu. Dari filosofi, kisah historis atau sekedar gambar.

Nah pasti penasaran kan? Info ini sekedar menambah sedikit wawasan anda tentang mobil, berikut jawaban dari setiap lambang pada mobil.






Logo empat cincin bergandengan mulai digunakan pada tahun 1965. Lambang ini mencerminkan kompaknya empat perusahaan otomotif yang bergabung pada tahun 1932 di Jerman, yaitu Audi, DKW. Horsh, Wanderer. Audi dalam bahasa latin berarti "Dengarkan".



Dilihat sekilas lambangnya mirip dengan lambang apotek, padahal sama sekali tidak ada hubungannya dengan obat atau dunia medis, Tapi salib dan ular naga bermahkota itu melambangkan perjuangan prajurit Milan mempertahankan kotanya pada saat terjadi perang salib.





Lambangnya cantik dan bergaya dengan disain lingkaran hitam mengelilingi gambar baling-baling pesawat yang berputar. Warna biru berarti langit. Dulu Bayerische Motoren Werke ini memang memproduksi mesin pesawat militer.


 Ini dia yang bikin kecelele. Siapa pun yang melihat 'kumis bertingkat' ini pasti akan menyangka  lambang ini mempunyai arti filosofis. Namun Andre Citroen sang pendiri punya jawaban "Ah nggak ada artinya tuh! hanya gambar mata gigi" pasalnya Citroen memang memulai usaha dengan membuat roda gigi.

Dipakai sejak tahun 1903, berasal dari desain kartu nama yang di buat Harold Wills, tangan kanan Henry Ford. Pada tahun 1912 di tambahkan beberapa oval mengelilingi kata Ford. Lalu warna biru mulai ditorehkan pada emblem saat peluncuran perdana Ford Model A pada tahun 1927.





Awalnya logo kuda jngkrak dipakai di pesawat tempur Italia, tunggangan Francesco Barraca yang gugur saat PD I. Orang tua sang pilot memberikan logo ini pada Enzo Ferrari supaya di pasang pada mobil balapnya. Akhirnya logo ini menjadi lambang setiap mobil Ferrari.



Bintang berbentuk tiga melambangkan dominasi dari tanah, air dan udara. Pemunculan pertama kali pada tahun 1909 kemudian diberi efek pantulan  di tahun 1926 sebagai refleksi dari gabungan dua firma. Perkembangan terkahir hingga sekarang lingkaran menyelubungi bintang di mulai pada tahun 1937.




Apa hubungannya tiga berlian dengan kapal laut? Tiga berlian yang di jadikan logo Mitsubishi persamaan dari baling-baling kapal laut. Pasalnya pada tahun 1870 perusahaan ini bergerak dalam bidang industri kapal laut. Baru pada tahun 1917 Mitsubishi membuat mobil.




Bukan sekedar gambar bunga tulip yang sedang mekar. Namun maknanya disampaikan lewat lambang sayap camar yang terbuka lebar, sebagai simbol kreativitas, kepekaan terhadap sebuah misi dan fleksibilitas.




Gambar singa terpilih jadi emblem Peugeot, berasal dari lambang kota Belfort, Perancis. Kota yang bersebelahan dengan Jerman dan Swiss ini memiliki arti penting, karena salah satu produk awal mobil Peugeot diberi nama Lion-Peugeot.



 Logo mobil karya Ferdinand Porsche ini mengambil lambang benteng pertahanan Stuttgart dan pasukan kerajaan Wurtemberg. Didominasi garis-garis berwarna hitam dan oranye.




 Berlian terpilih menjadi emblem Renault. Mulanya Khusus di bonnet sebagai penutup klakson. Pada tahun 1922 bagian tengah berliannya dilubangi  agar suara klakson bisa terdengar lebih nyaring. Dua tahun kemudian bentuknya berubah menjadi agak membulat hingga sekarang.


Asal kata Subaru adalah mutsuraboshi artinya enam bintang berkelompok. Sama dengan rasi Taurus yang dikenal dengan nama Plaiades.



Tiga elips berarti kepedulian terhadap konsumen dan produkk yang disatukan oleh pengembangan teknologi tanpa terputus-putus dan kemajuan tiada batasan.

Nah itu dia beberapa arti dari logo mobil, jangan lupa dikomen ya, thx GBU.



4 Responses to "ARTI SIMBOL PADA MOBIL"