PERSNELLING TERASA BERAT PADA MOTOR VESPA

Tangan terasa pegal saat berkendara pada motor vespa seringkali terdengar karena persneling distang sebelah kiri terasa berat diputar apalagi ketikan menghadapi kemacaten lalu lintas di jalan tangan bisa jadi gede sebelah tuh, padahal sebenarnya persnelingnya bisa dibuat menjadi lebih enteng dengan memotong per persnelingnya. Komponen ini berfungsi sebagai penahan piringan pemindah gigi, nah mau tahu caranya?

Pertama




Awali dengan membuka tutup bak persneling yang terletak dibawah kipas, supaya lebih leluasa copot juga tutup kipasnya. Kemudian tarik per keluar pakai tang jepit, atau bisa juga di cungkil memakai obeng minus, perlu hati-hati pada saat mencungkil per tersebut untuk menghindari per melompat keluar (lihat gbr.1)

Kedua




Potong per menggunakan tang potong (lihat gbr.2) lalu tarik lagi supaya panjang per menjadi sama panjang seperti yang semula. Karena ulir pernya sudah berkurang sekarang pern nya menjadi lebih lembut dan gerakan persnelingpun akan menjadi lebih enteng.
Hal yang perlu diperhatikan adalah pada saat memotong ulir jangan terlau banyak cukup potong dua ulir saja karena jika lebih dari itu per akan terlalu empuk hal ini bisa berbahaya karena persneling jadi terlalu sensitif dan gigi bisa berpindah sendiri.

Sekarang saya rasa keluhan tentang persneling pada motor Vespa akan berkurang, semoga tips kali ini bisa membantu anda.



0 Response to "PERSNELLING TERASA BERAT PADA MOTOR VESPA"

Post a Comment