Hemat BBM pada mobil

Di era sekarang ini disaat harga-harga pada naik pasti anda semua akan berpikir bagaimana caranya untuk sebisa mungkin menghemat Bahan Bakar Minyak (BBM) anda.
Nah sekarang saya akan memberikan solusi buat Anda yang punya mobil yang ingin membuat mobil anda bisa hemat, mungkin tips ini bisa membantu anda.
Oke kita langsung saja melihat apa saja yang harus diperhatikan untuk bisa menghemat BBM anda...

1. Barang diatap
Penyimpanan barang di atas atap mobil ternyata bisa membuat mobil anda boros hingga 3,6 km/L, Body kit, spion tambahan bahkan bendera juga membuat boros konsumsi BBM anda.

2. Jendela
Pastikan jendela, suuroof dan pintu tertutup saat mobil meluncur. Mobil kabrio memiliki kerugian BBM sampai 12% saat melaju dengan atap terbuka.

3. Bahan Bakar
Hindari bahan bakar murah atau yang spesifikasinya lebih rendah dari yang ditentukan pabrik mobil. Bahan bakar terbaru memang sedikit mahal tapi memberi dampak pada performa dan konsumsi bbm lebih hemat.

4. Mesin
Servis mesin kendaraan secara berkala sesuai rekomendasi pabrik, jika hal ini di langgar mesin akan bekerja kurang efisien.

5. Bobot
Bobot kendaraan yang berat membuat mesin bekerja ekstra, setiap pertambahan 5% bobot kendaraan akan berdampak pada konsumsi bbm.

6. Ban
Tekanan angin ban yang kurang meningkatkan gesekan yang terjadi, begitu pula dengan ban yang sudah aus atau botak.

7. Pengemudi
Orang di balik kemudi menjadi penyumbang terbesar dalam hal konsumsi bbm. Mengemudi sewajarnya serta menekan pedal gas dan rem secara halus dapat memperpanjang jarak tempuh kendaraan dari biasanya.

8. Kelistrikan
Saat AC digunakan beban kelistrikan juga bertambah dan menyumbang borosnya konsumsi bbm meski audio dan defogger juga menguras listrik di aki.

9. Cruise tombol
Jika di mobil tersedia fitur ini sebaiknya di gunakan pada saat melaju di jalan bebas hambatan. Sistem ini lebih baik untuk mempertahankan kecepatan secara konstan di banding kontrol manusia.

10. Girboks
Ini lebih sebagai pilihan transmisi. Transmisi matik memanglebih boros dari manual akibat tenaga mesin yang tidak tersalur sempurna. CVT berada diantaranya atau masih lebih baikdari matik pada umumnya.

Nah sekarang anda sudah apa saja yang mempengaruhi terjadinya boros bbm pada kendaraan anda. Banyak faktor yang mempengaruhi konsumsi bbm, mulai dari gaya menyetir sampai beban berlebih. Kendaraan bisa dibuat lebih efisien dengan memeriksa tekanan angin bannya atau mengurangi barang bawaan, satu lagi yang terakhir, kemacetan lalu lintas juga menyumbang borosnya konsumsi bbm yang tidak sedikit karna mesin bekerja tanpa pertambahan jarak tampuh. Selesai.

0 Response to "Hemat BBM pada mobil"

Post a Comment