Tips Kendaraan Susah Di Starter

Apa anda pernah mengalami gak hal seperti itu, tiba-tiba kendaraan anda susah di starter, pas buru-buru mau keluar eh kendaraan gak mau nyala, jangan buru-buru kebengkel sebelum membaca tips yang satu ini, langsung aja ya...
Yang perlu anda ketahui adalah bagian starter yang penting antara lain :
1. Switch Starter (solenoid switch)
2. Bendix starter
3. Arang Starter (Carbon Brush)
Apa yang harus anda lakukan ? yang harus anda lakukan adalah mempelajari gejala2 yang timbul saat starter tidak mau bekerja, dari gejala2 tersebut dapat di tebak dan diketahui kemungkinan sumber kerusakan.
Gejala2 gejala yang sering muncul pada saat kita start antara lain :
1. Lampu indikator battery dan Oli pada dashboard tidak menyala sama sekali.
Kemungkinan 75% fusiblelink (kabel lemas kecil dengan soket putih dekat dengan terminal aki +) kotor atau putus.
kemungkinan lain adalah kepala aki kotor dan atau aki anda terkuras total setrumnya (jarang sekali). 2. Lampu indikator battery dan oli pada dashboard (warna merah) nyala namun meredup ketika di starter.
Kemungkinan 90% aki anda rusak atau kurang setrum.
3. Tedengar suara "gemeretek " berulang ulang.
Kemungkinan 75% aki anda rusak atau kurang setrum.
Kemungkinan 20% kepala aki kotor atau kabel ground anda sudah korosi.
4. Terdengar suara mesin berputar tetapi lemah seperti "ngeek..ngek…ngek….".
Kemungkinan 75% bushing starter aus sehingga anker starter sudah tidak dapat berputar pada sumbunya maka perputarannya menjadi sangat berat.
10% ada kemungkinan mesin anda terlalu berat untuk diputar, misalnya terjadi kerusakan pada crank saft, sistem timing dll.
5. Terdengar suara "cek.." satu kali saja setiap kali memutar kunci kontak…
Kemungkinan 50% switch starter atau yang disebut solenoid switch sudah tidak berfungsi dengan baik.
Kemungkinan 40% kunci kontak anda kotor atau sudah aus. untuk mobil yang menggunakan relay starter 40% itu ada pada kerusakan relay.
6. Starter terkadang dimulai dengan suara berat lalu enteng dan mesin hidup.
Biasanya hal ini terjadi karena kesalahan penyetelan Fur dan Na..delco.
7. Pagi hari tidak dapat starter, pada siang hari starter lancar.
Kemungkinan 80% aki sudah soak tidak dapat menyimpan setrum untuk waktu yang lama.
8. Saat pagi mudah starter, jika sudah dipakai agak lama (panas) susah starter.
Kemungkinan 80% switch starter/solenoid switch anda rusak.
9. Saat distarter tidak ada reaksi sama sekali, tidak ada bunyi.
Kemungkinan 50% gulungan starter anda Hangus atau terbakar/korslet.
Kemungkinan 45% Relay starter atau kunci kontak anda bermasalah.
10. Saat distarter terdengar suara dinamo starter mutar mendesing kencang "ssing…"
Kemungkinan 80% bendix starter anda Dull/dol. 11. Terkadang bisa starter terkadang tidak, baik dalam keadaan panas maupun dingin, pagi atau malam.
Kemungkinan 75% Carbon Brush starter anda sudah pendek.
Nah setelah mempelajari gejala2 yang timbul, agar lebih detail mengetahui penyakit mobil anda, yang harus dilakukan adalah :
1. Lakukan pengecekan Voltase battery anda, Battery yang bagus biasanya voltasenya tidak dibawah 12.4V, jika dibawah itu mungkin bisa saja starter namun tidak untuk starter panjang dan berulang ulang.
2. Jika analisa dari gejala gejala yang timbul diatas menjadikan starter sebagai tersangka utama maka lakukan pengetesan starter secara langsung. Dengan cara menggabungkan sumber setrum pada switch starter biasanya baut 12 dengan kabel tembaga yang besar dengan terminal kunci kontak yang terletak di switch starter juga (disamping kiri yang terdapat satu kabel terpasang padanya. Cabut kabel tersebut maka akan terlihat sebuah terminal kecil).
"SEBELUM MELAKUKAN HAL INI PASTIKAN POSISI GIGI TRANSMISI PADA POSISI NETRAL"
Gabungkan no 8 dan no 9 dengan kabel atau obeng logam. Pada kondisi normal maka starter akan memutar mesin. Jika iya berarti kunci kontak anda atau relay anda bermasalah. Jika tidak coba lakukan pengetesan no 3.
3. Jika cara diatas belum dapat mempersempit permasalahan lakukan penggabungan terminal no 8 pada gambar dengan terminal no 7 pada gambar yaitu berupa dua terminal baut 12 yang terdapat pada switch starter. Pada kondisi normal seharusnya Starter akan memutar dengan kencang tanpa memutar mesin. (karena gigi bendix tidak didorong oleh switch starter jadi tidak memutar flw wheel). jika tidak maka permasalahan kemungkinan besar terdapat pada dinamo starter anda, bisa karena gulungan yang terbakar atau brush starter yang habis. bisa pula karena kabel penyampai strum anda dari aki ke starter (ke terminal no 8 pada gambar ) tidak terhubung secara benar.
Oke deh sekian dulu tips kali ini.

3 Responses to "Tips Kendaraan Susah Di Starter"

  1. Boss mau nanya nich, Bagaimana cara membedakan bahwa yang sedang kita hadapi itu masalah stater atau dinamo amper ( Aki Tidak ngisi )?

    ReplyDelete
  2. wah, komplit banget nih tips nya. coba dulu ya bos sebelum ke bengkel, mudah-mudahan berhasil.

    ReplyDelete
  3. thanks bnget infonya...
    drumah mobil tu susah start. tiap mau start bunyi "cek" sekali doang. bawa k bengkel katanya aki harus ganti tapi tak mengatasi masalah...
    bener selenoid startnya...
    thanks...

    ReplyDelete