Salah Satu Penyebab Bensin Boros Pada Motor

Rantai motor sering kali temen-temen mengabaikan kekencangannya. Padahal, kalo lama dibiarkan malah akan bikin umur pakai rantai jadi pendek atau bisa juga malah membuat baret swing arm. Lebih parahnya lagi, bisa menyusahkan. Dikarenakan kendur, rantai bisa lolos dari gir belakang.

Penyebab Bensin Boros Pada Motor
Rantai Motor
Selain itu, diklaim bahwa dengan membiarkan rantai motor dalam keadaan kendor, bisa bikin tuh motor minum bensinnya lebih banyak. Tentu saja kalau hal itu dibandingkan dengan motor yang kekencangan rantainya terjaga. Nah seperti biasa, kalau hanya omongan saja tanpa bukti sudah tentu keabsahannya masih perlu dipertanyakan.

Biar gak terus-terusan tanya fenomena rantai kendur bikin boros itu gosip atau fakta, maka sekarang dilakukan pembuktian nih. Metodenya, pemakaian langsung di jalan. Di mana Suzuki thunder 125 yang setingan rantainya bikin kendur, dipakai jalan sejauh 20 km dengan pengendara berbobot 75 kg. Untuk kecepatannya dipatok gak lebih dari 50 km/jam. Sementara untuk mengukur pemakaian bensin selama perjalanan, digunakan alat infus yang diisi bensin sebanyak 500 ml.

Dari hasil tes, pemakaian bensin pada Thunder yang rantainya kendur sebanyak 485 ml. Dengan perhitungan sederhana, didapat 1 liter bensin bisa dipakai sejauh 41,24 km. Lalu pengetesan dengan kondisi rantai sudah disesuaikan standar kekencangannya. Sisa bensin ditabung infus setelah dituang dalam gelas ukur adalah sebanyak 30 ml (terpakai 470 ml). Dari situ bisa dipakai sampai 42,55 km dan baru mogok.
Dengan selisih yang 1,31 ml, faktanya adalah benar adanya bila rantai kendur bisa bikin boros.
Nah, sudah tahu khan sobat tentang faktanya, kalau sobat maniak otomotif belum percaya bisa dibuktikan sendiri kok, sekian apa yang bisa admin bagikan tentang Rantai Sepeda Motor Kendor Bikin Bensin Tekor, semoga bermanfaat. 
Sumber : oto-maniak.blogspot.com

9 Responses to "Salah Satu Penyebab Bensin Boros Pada Motor"

  1. informasi ini sangat membantu sekali gan buat pekerja yang di tempatkan di luar kantor
    :)

    ReplyDelete
  2. tapi untung deh ada postingan ini, padahal saya belum pernah ngecek rantai motor sama sekali. thanks gan.

    ReplyDelete
  3. nyimak aja gan :D ga pernah berurusan dengan beginian :D peace

    ReplyDelete
  4. Salah satu penyebab motor boros biasanya telat ganti oli ya Kang. Eha kang apa Mba Si ? he,, he,, he,,,he,,,,

    Salam,

    ReplyDelete
  5. mantep infonya,, iya bener suka boros :D

    ReplyDelete
  6. Kebetulan motor saya thunder nih, jadi bisa langsung coba ane terapkan, trimakasih atas infonya gan.

    ReplyDelete
  7. Betul banget gan rantai motor memang salah satu bagian dari motor yg harus patut di perhatikan perawatanya.

    ReplyDelete
  8. Oh iya gan ane juga mau menambahkan, saya kok gak bisa komen di blog semuah info ya, setiap komen yg sudah saya ketik gak bisa di publis, maklum online menggunakan hp.

    ReplyDelete