Tips Merawat Motor Matic

Setelah lama gak update blog ini akhirnya saya bisa kembali untuk bisa memberikan info seputar dunia Otomotif, semoga dengan tampilan yang baru ini para rekan-rekan semua tidak bosan-bosan untuk mampir.

Kali ini saya akan mecoba memberikan beberapa tips merawat motor matic, karna saya adalah salah satu pengguna motor jenis ini jadi tidak ada salahnya untuk bisa share tipsnya.

Berikut adalah Tips Merawat Motor Matic :

1. Panaskan Mesin Waktu Pagi Hari

Kenapa harus pagi hari...??? karna biasanya secara umum segala aktifitas berakhir pada malam hari jadi kendaraan akan berhenti "bekerja" pada malam hari, ya kayak istirahat gitu deh, jadi pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memanaskan mesin motor kita, pemanasan mesin ini biasanya dilakukan 5-10 menit, jangan lupa juga untuk menghidupkan chokenya, supaya pasokan bahan bakar dan udaranya bisa seimbang. Ini berlaku untuk semua jenis motor ya hehehehe.

2. Melakukan Perawatan Berkala

Hal ini sangat dibutuhkan untuk mendukung performa satu mesin, dengan melakukan perawatan secara berkala maka saya bisa jamin motor matic anda bisa awet. Perawatan berkala ini sebaiknya dilakukan dibengkel resmi nya, karna mereka memiliki tenaga yang profesional untuk melakukan perawatan tersebut, masalah biaya sih ya sudah menjadi resiko, perawatan berkala sebaiknya dilakukan paling sedikit 3 bulan sekali.

3. Selalu Melihat dan Merasakan

Terlalu lebay ya...??? hehehehe, kita sebagai pemilik kendaraan kadan kurang memiliki ini lho, apalagi kalau penggunanya cewek hadeww sudah bisa dipastikan 70% mereka tidak akan mempedulikan hal ini, saya gak bilang semuanya lho, karna ada juga beberapa bikers yang wanita. Oke melihat dan merasakan maksudnya kita harus bisa melihat komponen luar motor yang rusak atau bermasalah dan merasakan bagian-bagian dalam motor yang bermasalah, misalnya nih bagian belt motornya, kalau ini bermasalah kita pasti bisa merasakan ada yang tidak beres dengan beltnya, kalau suara sudah terasa ngicrit ketika gas ditarik biasanya  tanda kalau belt sudah perlu diganti atau terlalu kering.

4. Rutin Ganti Oli Mesin dan Transmisi

Sebelum saya pakai matic dulu saya biasanya ganti oli 3 bulan sekali aja, tapi sekarang waktu pakai matic harus rutin untuk mengganti olinya, secara umumnya sebulan sekali, pada motor jenis matic ini terdapat oli mesin dan oli transmisi, jadi supaya mesin matic anda tetap awet lebih baik untuk bisa rutin mengganti oli mesin dan oli transmisinya.

5. Cuci Motor Dengan Air Tawar

Ya, cucilah motor dengan air tawar hehehe, konon kalau pake air yang bukan air tawar maka mesin cepat berkarat dsb. Lakukan secara rutin untuk bisa mencuci motor anda supaya terlihat kinclong, dan yan paling penting komponen bagian luarnya bisa awet dan tahan lama karna bersih dari kotoran yang bisa menyebabkan kerusakan, cuci motor sebaiknya dilakukan minimal 2x dalam seminggu.

Oke deh saya rasa cukup dulu deh untuk Tips Merawat Motor Matic kali ini, semoga bisa membantu rekan-rekan semuanya ya, kalau masih ada yang mau ditambah untuk tipsnya silahkan deh di kolom komentar ya, itu bisa menjadi masukan yang sangat bagus buat yang datang berkunjung di blog ini.


0 Response to "Tips Merawat Motor Matic"

Post a Comment